Wednesday, October 10, 2012

Salah


SALAH adalah salah satu kata yang terdiri dari 5 huruf abjad dalam bahasa Indonesia. Salah adalah kata yang dirasa agak negatif, banyak orang menghindari mendapatkan kata ini, sebagian besar orang akan mati-matian untuk menghindarinya. Kata ini seperti momok, seperti virus yang mematikan, yang sangat dibenci mulai bayi yang baru saja menelan nasi pertamanya sampai orang tua yang sudah terkena dimensia.
"SALAH" tidak tahu mengapa sepertinya dia salah menjadi kata itu. Apa  dosa menjadi kata "SALAH"? Apakah "SALAH" benar-benar hal yang buruk, yang terkutuk dan harus dihindari.
Jika manusia berbuat salah berbagai reaksi akan muncul, masing2 orang akan memilih sendiri reaksi yang mana, namun semua bentuk reaksi bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan perasaan bersalah.
Ada yang sebagian akan sangat menyesal lalu bingung setengah mati bagaimana untuk memperbaikinya atau bisa juga menangisinya walaupun ia sadar ia tak dapat membuat hal yang sudah terjadi, tak terjadi.
Ada juga yang cuek, dia berfikir ah itu sih biasa, semua manusia kan berbuat salah, berbuat salah adalah menandakan bahwa dia masih manusia bukan malaikat, kalau pusing untuk menyesal nanti malah mengakibatkan strees .
Ada juga yang sibuk mencari "kambing hitam", untuk disalahkan. Yang bisa mengurangi rasa bersalahnya karena telah berbuat salah. Atau untuk melarikan diri karena sudah mendapatkan hal/barang/orang untuk menggantikan posisinya sebagai orang yang berbuat salah.
Namun "SALAH" tidak selamanya buruk. ia mempunya peran yang sangat penting. "SALAH" muncul karena ada "BENAR", oleh karena "SALAH" maka "BENAR" menjadi lebih menarik, banyak orang yang menyukainya.
Yang terpenting adalah bagaimana menyikapi "SALAH" antara lain yaitu :
~ Berhati-hati, hal ini untuk menghindarinya
~Intropeksi, mencari penyebab mengapa itu bisa terjadi (tetapi bukan mencari kambing hitam), kemudian mengambil ilmu darinya agar tak terjadi hal yang sama.
~Tidak terlalu larut dalam penyesalan atau sebaliknya terlalu cuek.
~Pasti terdapat hal dan dan pelajaran baru dari sesuatu yang salah.

No comments:

Post a Comment