Wednesday, October 10, 2012

Catatan seorang murid


Teringat waktu SD dulu ketika baru masuk kelas kita selalu berdo'a :
Radhiitu bil laahi rab ba; wabil islaamidiina wabi Muhammadin Nabiy yaw warasuula; rab bi zidnii 'ilma, war zuq nii fah ma, aamiin. 

artinya:Aku telah rela Allah Tuhanku, islam agamaku dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT Wahai Tuhan Allah, tambahkanlah ilmuku, dan anugrahillah kepadaku, faham terhadap ilmu itu.Amiin (Ya Allah kabulkanlah permohonanku).

Guru kita megajarkan setiap akan belajar untuk membaca doa tersebut, walaupun waktu itu belum faham benar apa artinya. Kita juga sering mengajarkan adek kita ataupun anak kita sebelum belajar paling tidak untuk membaca Bismillah...dengan nama Allah, tetapi apa kita sudah bener meresapi..mengapa membaca doa tersebut, apa tujuannya, karena keseringan kita berdoa hanya dibibir, ngga sampai ke hati.

Padahal kalau kita mau merenungi bahwa semua ilmu itu bersumber dari Allah Yang Maha Tahu, Allah yang mengajari manusia, kita tidak tahu apa2, walaupun Albert Einstein, Alexander Graham Bell, Thomas Alva Edison, dan semua penemu ilmu apa saja, Allah pemilik segala ilmu yang memberikannya kepada mereka. 

kalau kita menyadarinya, tentu kita akan serius dan sungguh2 dalam belajar apa saja. Namun kita sering lupa, kadang tidak kita sadari kita sering berfikir ilmu2 science itu asalnya dari orang barat, dari tokoh2 eropa, padahal yang mengajari mereka juga Allah SWT.

Kalau kita sadar dengan sepenuh hati, apa saja yang akan kita pelajari,apa saja yang akan kita baca itu bersumber dari Allah,kita akan bisa menghargai segala bentuk ilmu, dan kita tidak akan mendzolimi (menyia-nyiakannya) ilmu yg kita dapat. Akan bisa tersimpan dihati, karena kita belajar dengan hati juga, bukan cuma fikiran, dan bisa mengamalkan, membagi atau mentransfernya kepada orang lain, tidak sia-sia atau lewat di pikiran kita saja, atau hanya tersimpan rapi dicatatan kita. Dan kita pun tidak akan sombong, atau sok pintar sok tahu. Kita bisa berendah hati dalam mengamalkannya, tanpa ada riya' dihati kita.

Jadi mari kita ingat dalam hati, bahwa semua ilmu itu bersumber dari Allah, Inshaallah kita bisa serius dan terus bersemangat untuk menimba ilmu Allah yang Maha Luas, yang tak terhitung. Mengamalkannya dan Mengajarkannya kepada orang lain.  Bismillah

No comments:

Post a Comment