Sunday, October 14, 2012

Dingin, takut sakit

Waktu bener2 berlalu bagaikan melesatnya anak panah. Pergantian musim seperti pergantian hari. Tak terasa tahu2 sudah musim gugur lagi. Padahal rasanya baru kemaren ngambil foto winter tahun lalu di luar jendela, pohon yang “ditumbuhi” salju. Musim gugur terasa mengigit bagi kami. Mungkin karena baru saja dimanja panas dan hangatnya musim panas. Misalkan suhu sama2 40 derajat Fahrenheit, namun musim gugur terasa lebih dingin dari pada musim semi. 40 derajat di musim semi akan terasa lebih hangat karena kita baru saja ditempa dinginnya musim salju.

Selain itu, mempunyai anak batita dan hidup ditempat yang mempunyai 4 musim adalah tantangan tersendiri. Seringkali setiap bergantinya musim anak sakit, pilek / batuk / demam, atau kombinasi ketiganya. Tubuh akan drop bila tidak dalam kondisi super fit. Memaksa ibu rumah tangga harus cerdas dalam member menu makan untuk keluarga, yang sehat kemudian bernutrisi plus sedap.

Selain daya tahan tubuh yang perlu diperhatikan adalah kulit. Pemanas ruangan, harusnya mandi pakai air panas, dan udara yang extreme dingin diluar membuat kulit cepat kering dan pecah2, dan juga rasa tidak nyaman yaitu gatal2.

Akhirnya saya mencoba browse di inet bagaimana menjadi “ibu yang baik” dimusim dingin. Yang pertama adalah perawatn kulit. Selain harus rajin mengoles lotion pada kulit, kemudian memastikan banyak cairan yang masuk ketubuh, memilih makanan untuk kulit juga harus pintar. Ini 8 makanan yang bagus buat kulit (http://www.rd.com/slideshows/8-essential-foods-for-beautiful-skin/#slideshow) :
a.       Avocado / Alpukat, kalo yang kurang suka memakannya langsung, bisa dibikin jus avocado (sekedar info, jus avocado kayanya Cuma ada di Indonesia ya hehehehe). Usahakan pakai madu kalo mau ada rasa manisnya, bisa dicampur dengan buah manis lain seperti pisang. Atau dibikin salad http://www.recipegirl.com/2012/04/02/spinach-salad-with-chicken-avocado-and-goat-cheese/.
b.      The Hijau, 4 cangkir sehari bagus buat kulit. Kalo mau pakai pemanis, bisa pakai madu.
c.       Tomat, bisa dinikmati sebagai salad, sup atau jus tomat (kayanya jus tomatpun Cuma ada di kita ya?) http://www.thekitchn.com/ripe-juicy-12-tomato-salads-fo-149544
d.      Ikann salmon, kalo ngga punya yang fresh yang frozenpun jadi.
e.      Telor, kalo telor mah diapain aja juga bisa. Tak perlu rasanya mencarikan resepnya J
f.        Pamogranate, atau buah delima. Selain enak dimakan begitu saja, ini ada resep untuk buah delima ternyata.
g.       Walnut, jujur saya ngga tahu, ini kacang apa ya kalo di kita, apa yang disebut buah kenari itu ya? Wah, nyari resepnya sampai ketemu website khusus untuk kacang ini http://www.walnuts.org/recipes/
h.      Beans atau kacang-kacangan. http://www.food.com/recipes/beans

Nah, sekarang mari kita ulas makanan yang bagus buat daya tahan tubuh di musim dingin.
a.       Oatmeal, coba bikin atau masak sendiri. Jangan beli yang instant, karena yang instant kemungkinan kadar gulanya tinggi. Coba masak sendiri dan kalau mau manis bisa dikasih potongan buah seperti pisang, strawberry, atau bluberry, atau buah apa saja kesukaan kita. Selain mengenyangkan, oatmeal ini bisa mencegah kita dari winter blue. Selain oatmeal bisa juga konsumsi whole wheat bread, beras merah, atau whole grain sereal.  
b.      Jeruk, kandungan vitamin C nya bisa jadi obat flu alami yang bagus. Bisa dimakan gitu aja, bisa diperas diambil jusnya trus diminum, atau bisa dibikin wedang jeruk.
c.       Sup ayam, bisa mencairka dahak atau lender saat kita lagi flu atau batuk. Tapi buat saya soto ayam lebih mantap. Selain rempah2 nya lebih banyak dan bagus untuk menghangatkan tubuh, soto cocok sekali dengan lidah saya (orang jowo).
d.      Vitamin D, selain bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi, Vitamin D mangandung zat-zat anti microbial seperti bakteri, virus dan jamur.
e.      Lada/Cabai. Cabai pedas buka hanya bisa melegakan hidung tersumbat dan mencairkan lendir, cabai juga m

No comments:

Post a Comment