Wednesday, October 10, 2012

Merawat Batita Pilek


Alhamdulillah, dapat giliran pilek maning si Hadra, dah skitar 2bln terakhir ini sehat, dapet deh pilek lagi. Pas musim dingin kemaren hampir setiap 2 minggu dia pilek, jadi 2 minggu sehat, 2 minggu kemudian pilek yang kadang disertai batuk dan panas. aku khawatir tentunya sebagai ibu normal (LOL). apalagi hadra pernah di diagnosis kena bronchiolitis, buka ini untuk keterangannya. (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0001970/). jadi kalau dia batuk, sampai yang kaya astma gitu kalau bernafas, pernah suatu ketika aku panik langsung tak bawa ke ER, karena pas hari sabtu, tak taunya, kata dokter itu biasa gejala bronchiolitis. tapi tidak perlu terlalu khawatir. 

Nah,secara liat anaknya yang bernafas kembang kempis, dan dia baru berumur 1 tahun, gimana gak panik. Tapi beneran, aku aga nyesel juga masuk ER, abis muahal banget. ya udah lah, ini pelajaran. Sometimes we have to learn from the hard way, kalo orang bule ngomong. Akhirnya aku buka kitab toddler book, babycenter.com, dan buka mbak google untuk cari home remedies buat baby yg kena flu ( aku udah praktekin ini 2x Alhamdulillah berhasil).

1. Semprot hidung kalo mapet dengan salin mist, kalo mau beli di toko ambil yang semprot jangan yang tetes, karena yang tetes ada glycerin nya. atau mau bikin sendiri cukup beli distilled water, atau air bersih dicampur garam sedikit trus teteskan di hidung, kesannya sakit emang tapi ini bisa bikin plong dan akan membantu mengeluarkan virus atau bakteri yang ada di hidung dan tenggorokan. setelah disemprot atau ditetes diamkan sebentar, kalo anak tidak bersin sambil ingusan, bisa disedot pake syringe bulb (bersukurnya punya anak dijaman ada penyedot, jadi ibunya ngga musti nyedot ingus anakknya pake mulut yang bisa menularkan virus ke ibunya) 

2. Kasih makanan yg banyak vit C nya, seperti jeruk, mangga dll. klik link berikut untuk makanan sumber vit C.  http://health.detik.com/read/2010/04/16/160133/1339810/766/sumber-vitamin-c-terbanyak-dan-dosisnya . untuk bayi yang belum bisa makan ya ASI yang buanyak pol.

3. Kasih banyak minum, terutama jus yang banyak vit C nya . lebih baik cari jus yang berlabel 100% juice biar ngga kebanyakan gulanya. 

4. Ini resep pribadi, hadra selalu tak cekokin campuran air jeruk lemon dan madu, kadang tak tambah serbuk jahe sedikit, kalo dia batuk. tapi jangan kasih madu bayi dibawah 1 tahun. juga bisa rebus bagian putih dari segenggam daun bawang dengan sedikit air, kemudian cekokan ke anak untuk membantu menyembuhkan batuk. juga satu resep lagi dari temen (Devi) : rebus jahe, kayu manis, cengkeh, dan sereh, dan buat anak menghirup uapnya biar lendir2 yang di tenggorokan dan dada bisa keluar (kadang lewat muntah), kalo aku langsung skalian tak cekokin ke Hadra. (kesian Hadra ya, banyak betul cekokannya)

5. Mandi uap. bersyukur disini setiap kamar mandi pasti ada air panasnya, jadi tinggal masuk kamar mandi, nyalain shower air panas, trus gendong anak disebelah bath up biar anak bisa menghirup uapnya, kira2 15-20 menit. biasanya, abis di giniin hadra tertidur lelap. fungsi dari mandi uap ini untuk buka jalan nafas, melegakan tenggorokan. 

6. Kalo mau tidur malem biar idung ngga tersumbat lakukan : olesi dada depan; punggung dan kedua kaki anak dengan baby rub, pakaikan kaos kaki. Usahakan bantal agak tinggi. Taruh vapor dikamar atau humidifier kalo pas musim dingin karena heater nyala. dokter lebih menyarakan cool mist humidifier untuk anak yang batuk. 

7. kalo anak batuk terus menerus, bawa keluar rumah sebentar untuk menghirup udara segar. kalo pas musim dingin ya kasih anak baju yang tebal kemudian bawa keluar.

Note : ini cuma kiat2 usaha untuk membuat anak merasa nyaman pas tubuhnya memerangi virus flu. Tapi Alhamdulillah aku ngga perlu bawa Hadra ke dokter, sudah 2x kulakukan dan berhasil. dan kalo memang pilek dan batuk sudah lebih dari 2 minggu sebaiknya dibawa ke dokter, mungkin anak butuh antibiotik. juga kalo badan panas tinggi ( diatas 38 derajat celcius untuk bayi dibawah 6 bulan, dan diatas 39 derajat celcius untuk bayi atau anak diatas 6 bulan).

Very important note : tentunya dengan melakukan kiat2 diatas orang tua jangan lupa mendoakan anak untuk cepat sembuh, karena obat itu cuma sarana, kesembuhan datang dari Allah yang Maha Menyembuhkan. Misalnya sholat tahajud, sholat dhuha, dzikir banyak sholawat dan istigfar memohon kepada Allah untuk kesembuhan sibuah hati. misalnya sambil bikin cekokan atau sambil ngusap badan si kecil pakai baby rub dibacakan sholawat. 

Semoga bermanfaat, khususnya pengingat buat saya sendiri kalo sewaktu-waktu Hadra sakit (kebetulan hari ini dia pilek lagi). Syafakillah. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment