Wednesday, October 10, 2012

Memotivasi diri




Jangan berhenti ataupun lelah nengiming-iming diri. Yup, itu sudah sifat dasar manusia, yang mau melakukan sesuatu kalo di iming2 hadiah atau imbalan, atau bakal untung. Bahkan dalam hal menjalankan kewajiban kita sebagi hamba, dalam hal ini ibadah wajib. 

Harus sering mengiming-iming diri sendiri bahwa sholat iu ibadah yang akan dihisab pertama kali. Jika ibadah sholat kita baik maka akan baik pula perilaku kita. Yang secara kesehatan sholat itu bisa melenturkan otot2 yang tegang, bahkan melakukan banyak sujud bisa mempermudah ibu hamil melakukan persalinan. Sehingga kita akan berusaha sholat tepat waktu, menjaga kekhusukannya, juga berusaha menjalankan sholat2 sunah terutama rowatib. 

Lalu juga puasa. Bahwa puasa itu bisa jadi "Rem", menahan nafsu, melatih ikhlas dan sabar, melatih empati kita kepada orang yang kekurangan. Dan secara kesehatan puasa itu dapat menghilangkan atau paling tidak mengurangi racun2 dalam tubuh. Bisa juga buat diet dan ngirit :). Sehingga kita bisa bersemangat untuk menjalankan puasa wajib, menyegerakan membayar hutang puasa jika punya, dan bahkan akan berusaha menjalankan puasa sunah. 

Sedekah dan Zakat, akan menyucikan harta kita, dapat melipat gandakan rejeki kita. Dan kadang perasaan senang karena mampu berbagi atau bisa menolong orang yang membutuhkan. Sehingga kita tidak enggan mengeluarkan sebagian dari hata atau pendapatan kita tiap bulannya baik itu 1% / 10% / 25% bahkan saya pernah dengar di tusiah ustad YM ada pengusaha yang sedekan 80% dari pendapatannya. 

Dan tentunya masih banyak lagi keuntungan dari menjalankan sholat dengan sebaik-baiknya, puasa dengan ikhlas, dan sedekah atau zakat dari harta terbaik kita. Dan juga masih banyak bentuk2 ibadah yang lain beserta manfaat atau keuntungan menjalankannya.

Karena sebenarnya, ketika kita beribadah itu adalah untuk kebaikan diri kita sendiri selain tugas penghambaan. Namun kita sering lupa atau belum tau, sehingga dalam menjalankannya sekedar ingin gugur kewajiban, belum berusaha mempersembahkan yang terbaik. Dan keuntungan yang paling penting, ibadah2 tersebut adalah untuk mendapat Ridho, juga untuk tabungan "masa depan" kampug akhirat.  

Jadi, yuk mari jangan capek mengiming-iming diri sendiri. Dan ini penting dilakukan setiap saat, setiap waktu dan setiap tempat kita berada. Mungkin dengan selalu menjaga dzikir bisa membantu mengingatkan. Juga sealu sisipkan disetiap do'a semoga Sang penggenggam hati, menjaga hati dan fikiran kita untuk selalu teriming-imingi. Allahuma Amin. 

No comments:

Post a Comment